1001 pinturas que hay que ver antes de morir (Ocio, entretenimiento y viajes) (Spanish Edition)

1001 pinturas que hay que ver antes de morir (Ocio, entretenimiento y viajes) (Spanish Edition)

Sejarah Jika dalam 1 tahun kalender masehi terdiri atas 365 hari, 1 tahun dalam kalender hijriah terdiri atas ....... hari

Jika dalam 1 tahun kalender masehi terdiri atas 365 hari, 1 tahun dalam kalender hijriah terdiri atas ....... hari

Jika dalam 1 tahun Kalender Masehi terdiri atas 365 hari, 1 tahun dalam Kalender Hijriah terdiri atas ....... 354 atau 355 hari

Pembahasan:

Kalender Masehi adalah termasuk jenis sistem kalender matahari (solar calendar) yang dibuat bedasarkan revolusi bumi mengitari matahari. Sedangkan kalender Hijriah adalah termasuk jenis sistem kalender bulan (lunar calendar) yang dibuat berdasarkan revolusi bulan mengitari bumi.

Tahun dalam kalendar Masehi (tahun matahari) lamanya kurang lebih adalah 365 1/4 hari, masa ini adalah lamanya bumi mengelilingi matahari. Sementara tahun Hijriah (tahun bulan)  lamanya antara 354 dan 355 hari, dihitung dari 12 kali bulan mengelilingi bumi. Sehingga, tahun Hijriyah (tahun bulan)  lebih pendek 11 atau 10 hari dari tahun Masehi (tahun matahari).  

1. Sistem kalender matahari (solar calendar)

Contoh penanggalan matahari adalah sistem kalender Masehi.  Sistem kalender ini menggunakan pergerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi). Satu kali siklus pergerakan bumi dari satu titik ke titik yang sama kembali dalam orbittnya menyusun waktu satu tahun.

Waktu yang diperlukan dalam revolusi bumi adalah sekitar 365 ¼ hari. Sehingga 1 tahun dalam sistem kalender Masehi terdiri dar 365 hari, dengan tahun kabisat setiap 4 tahun yang terdiri dari 366 hari.

2. Sistem kalender bulan (lunar calendar)

Contoh penanggalan bulan adalah sistem kalender Hijriyah. Sistem kalender ini menggunakan pergerakan bulan, yang emerupakan satelit alami dari bumi, dalam mengelilingi bumi. Satu kali siklus penuh pergerakan bulan disebut juga dengan masa 1 bulan. Satu tahun dalam penanggalan bulan terdiri dari 12 kali siklus pergerakan bulan.

Bulan memerlukan 29 ½ hari dalam mengelilingi bumi, sehingga satu bulan dalam sistem kalender bulan umumnya terdiri dari 29 atau 30 hari. Satu tahun sistem kalender Hijriyah ini memiliki siklus 30 tahun dengan 11 tahun kabisat yang terdiri dari 355 hari dan 19 tahun biasa yang terdiri dari 354 hari.

Pelajari lebih lanjut:

Apa perbedaan tahun syamsiah dan tahun komariah!

brainly.co.id/tugas/2171440  

Detail Jawaban  

Kode: -  

Kelas: XII

Mata pelajaran: IPS / Sejarah  

Materi: Sejarah Peradaban Islam

Kata kunci: Kalender Masehi, Kalender Hijriah

[answer.2.content]